Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

7 Tips Traveling Sendirian yang Wajib Kamu Tahu

7 Traveling Sendirian yang Wajib Kamu Tahu
Melakukan kegiatan traveling sendrian berbeda dengan traveling berkelompok. Traveling sendirian mempunyai resiko yang sangat tinggi dibandingkan dengan traveling berkelompok. Diantara resiko yang akan dihadapi adalah; rawan tindak kejahatan, budget perjalanan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Selain memiliki resiko yang tinggi, traveling sendirian mempunyai dampak yang baik bagi traveler, misalnya seperti seorang traveler membuat rencananya sendiri, tidak dibatasi dengan waktu yang ditentukan, dapat memilih lokasi wisata secara bebas, mudah mendapatkan teman baru saat dalam perjalanan.

Bagi saya, setiap orang harus mencoba kegiatan traveling sendirian, karena mempunyai tantangan yang besar, dapat memicu adrenalin untuk berani jalan-jalan sendirian, seorang traveler akan mendapatkan pengalaman baru, dan yang paling penting adalah mudah besosialisasi dengan orang lain atau masyarakat sekitar tempat dimana dia berada.

Untuk menghindari resiko dalam traveling maka kamu wajib mengetahui 7 Tips traveling sendirian agar aman dan nyaman, yaitu sebagai berikut:

1. Jadwal Perjalanan

Membuat jadwal perjalanan dan menyerahkan salinananya kepada teman, saudara, keluarga atau orang yang anda kenal. Jadwal ini akan menentukan tempat dan waktu dimana anda akan berwisata, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (semoga perjalanan anda selalu aman), maka dengan mudah mereka menemukan anda. Sewaktu-waktu Jika ada perubahan jadwal baik itu waktu maupun tempat maka, segeralah beritahukan kepada teman, keluarga, saudara atau siapa saja yang anda berikan salinan jadwal tersebut.

2. Membawa barang yang dibutuhkan

Membawa barang yang hanya dibutuhkan saja. Buatlah perencanaan perjalanan dengan matang, sehingga barang yang dibawa sesuai dengan maksud dan tujuan wisata anda. Jangan sampai membawa barang yang tidak dibutuhkan dan berlebihan, karena itu hanya akan menyulitkan anda sendiri.

3. Tas Multifungsi

Lebih baik membawa tas, (depek, kerel, atau semacamnya) yang multi fungsi, sehingga dapat mengisi semua barang bawaan anda.

4. Kartu Cadangan Penyimpanan Uang

Buatlah beberapa kartu penyimpanan uang di bank seperti kartu atm, lalu simpan secara terpisah kartu-kartu tersebut di tempat yang berbeda. Hal ini dilakukan agar ketika dompet anda hilang atau terjadi kecurian maka, anda sudah mempunyai kartu cadangan lain.

5. Uang Cash

Bawalah uang cash secukupnya saja, simpan yang belum dibutuhkan di tempat penyimpanan uang, seperti bank, dan sejenisnya. Di beberapa tempat orang akan mengetahui apa yang anda bawa melalui sikap dan perilaku yang anda tampilkan saat berada di tempat baru, terlebih bagi para pemula yang baru memulai kegiatan traveling.

6. Jadilah orang yang sederhana

Berdandan atau berpakaian biasa-biasa saja. Jangan menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian orang lain, usahakan untuk menggunakan pakaian yang sesederhana mungkin, sesuaikan dengan tempat di mana anda berada.

Hindari penggunaan perhiasan yang mahal dan mencolok. Menggunakan perhiasan yang mahal dapat menimbulkan keinginan orang untuk berbuat kejahatan. Seorang traveler tidak boleh menunjukan perhiasan yang dia miliki kepada khalayak umum, bila perlu perhiasan ditinggalkan saja di rumah.

7. Menggunakan alat eletronik pada tempatnya

Jangan mengeluarkan gadget, kamera, atau alat eletronik mahal lainnya saat tidak dibutuhkan, simpan saja dengan baik di dalam tas, atau di dalam saku anda.

Seorang traveler harus menanamkan dalam dirinya bahwa traveling bukanlah kegiatan fashion show, sehingga pakaian dan perhiasan yang digunakan tidak mencolok dan menarik perhatian orang lain. Selain itu traveling bukanlah kegiatan pamer kekayaan, sehingga barang-barang elektronik hanya digunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

Yang paling penting dari traveling sendrian adalah ekstra hati-hati dan jangan langsung percaya dengan orang yang anda baru kenal. Kecurigaan itu perlu, karena di mana saja pasti ada orang yang buruk perilakunya. Seorang traveler juga harus pintar membaca situasi dan kondisi dimana dia berada. Jika tidak memungkin untuk berwisata ke tempat yang telah dijadwalkan maka, ubahlah perencanaan perjalanan anda.

Salah satu hal yang jangan sampai dilupakan dalam traveling sendirian adalah mempersiapkan budget yang cukup, bila perlu ada budget tambahan yang disimpan sebagai cadangan. Kalau belum memiliki cukup uang, jangan paksakan diri anda untuk traveling. Tabung lagi uang yang anda dapatkan dari usaha yang halal dan kalau sudah mencukupi barulah traveling mengelilingi dunia ini.

Posting Komentar untuk "7 Tips Traveling Sendirian yang Wajib Kamu Tahu"