Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

9 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

9 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Mejelajah pesona Indonesia, atau menjelajah pesona yang ada di belahan bumi lain membutuhkan berbagai macam persiapan, baik itu pesiapan secara internal maupun persiapan secara external. Kedua hal yang saya ungkapkan di atas merupakan bagian terpenting yang harus disiapkan oleh seorang traveler ketika ingin mengelilingi dunia.

Persiapan internal yang saya maksudkan adalah persiapan diri, berupa kesiapan mental, kesiapan kesehatan tubuh, kesiapan cara pandang tentang traveling, kesiapan pengetahuan traveling dan kesiapan lainnya yang mengarah pada bagaimana seorang traveler tau bahwa dirinya akan melakukan perjalanan wisata.

Sedangkan persiapan external berupa; budget atau anggaran, penentuan lokasi wisata, pembuatan jadwal traveling, kelengkapan traveling, dan sebagainya sesuai dengan lokasi tujuan wisata.

Salah satu persiapan external yang paling penting adalah tiket, tanpa tiket seorang traveler yang ingin bepergian jauh menggunakan jasa penerbangan (pesawat) tidak akan bisa terlaksana. Olehnya itu membeli tiket menjadi sangat penting, namun mencari tiket yang murah itu sangat susah.

Cara untuk mendapatkan tiket yang murah sudah menjadi rahasia umum, bukan lagi rahasia pribadi maskapai penerbangan saja. Terlebih seorang traveler yang berpengalaman, pasti sudah mempunyai catatan khusus tentang pembelian tiket. Membeli tiket yang murah sudah pasti menjadi idaman semua orang, namun untuk menemukan tiket yang murah butuh sedikit usaha.

Mau dapat tiket murah? Lihat caranya di sini

Saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara mendapatkan tiket pesawat murah sebagai berikut:

1. Membeli di Situs Online

Membeli tiket di situs online berbeda dengan membeli tiket di agen penjualan tiket secara langsung. Di situs online anda dengan bebas memilih sendiri maskapai penerbangan yang akan digunakan, waktu penerbangan, dan harga tiket.

Di situs online biasanya harga tiket termurah yang akan di cantumkan di bagian paling atas sehigga anda dengan mudah memilih maskapai penerbangan dan harga tiket sesuai dengan budget yang anda miliki.

2. Download Aplikasi Situs Online di Handphone

Situs-situs online penjualan tiket ingin memperbanyak pengguna aplikasi di smartphone, sehingga biasanya tiket yang dibeli dengan menggunakan aplikasi milik mereka akan lebih murah dibandingkan dengan membeli menggunakan browsef biasa. Selain itu di aplikasi situs online terdapat beragam promo yang diberikan dengan jangka waktu tertentu. Kupon promo tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan potongan harga.

3. Beli pada waktu tertentu

Membeli tiket pada waktu tertentu ini maksudnya adalah membeli tiket dengan memperkirakan tanggal-tanggal promo yang diluncurkan maskapai penerbangan dan situs penjualan tiket.  Biasanya tiket murah semacam ini dapat di beli pada waktu ulang tahun situs penjualan tiket dan setelah liburan, misalnya setelah hari libur nasional, setelah lebaran, dan setelah tahun baru.

Tanggal setelah liburan biasanya sedikit orang yang melakukan perjalanan, sehingga harga tiket akan relativ murah.

Selain itu membeli tiket untuk penerbangan terlalu pagi atau penerbangan malam akan lebih murah, di waktu-waktu seperti itu tidak banyak orang yang ingin bepergian, sehingga tiket yang dijual murah harganya.

4. Membeli tiket untuk penerbangan di hari-hari tertentu

Ada yang mengatakan bahwa unuk mencari tiket murah jangan membeli tiket untuk penerbangan akhir pekan dan awal pekan, sabtu, minggu dan senin, biasanya pada akhir pekan dan awal pekan banyak orang melakukan perjalanan. Belilah tiket untuk penerbangan hari selasa, rabu, dan kamis.

Walaupun kebanyakan tiket murah terdapat pada penerbangan pertengahan pekan, namun pembelian tiket untuk penerbangan akhir pekan dan awal pekan juga ada yang murah, sesuai dengan pengalaman saya dalam membeli dan mengaupdate harga-harga tiket di smartphone.

5. Membeli tiket pada pagi hari

Suatu ketika ada seorang teman ingin membeli tiket di situs online, dia kemudian bertanya beberapa hal di facebook tentang membeli tiket di situs tersebut termasuk harga tiket yang murah. Setelah dia mendapatkan beberapa jawaban yang salah satunya adalah "lebih baik membeli tiket pada jam 3 subuh sampai jam 9 pagi". Status dan komentar-komentar di facebook itu saya baca dengan saksama dan sayapun penasaran akan kebenaran komentar tersebut, lalu saya melakukan survey.

Hasil yang saya dapat dari survey adalah komentar tersebut benar. Saya mencoba membandingkan antara harga tiket di waktu pagi, siang, dan sore hari. Ternyata harga tiket di tiga waktu tesebut berbeda. Pada saat pagi harga tiket lebih murah dibandingkan dengan saat siang atau sore hari.

6. Membeli tiket multi-maskapai

Cobalah untuk membeli tiket untuk dua atau tiga maskapai penerbangan dalam sekali penerbangan. Bandingkan antara satu maskapai penerbangan dengan multi-maskapai. Terkadang multi-maskapai lebih murah harga tiketnya. Namun yang perlu anda perhatikan adalah resiko yang dihadapi jika pesawat pertama delay, maka bisa saja anda akan terlambat naik pesawat berikutnya pada maskapai yang berbeda.

7. Membeli langsung di situs maskapai atau di situs agen online ?

Terkadang harga tiket di situs maskapai lebih murah dibandingkan di situs agen online penjual tiket dan juga sebaliknya. Untuk menentukan manakah yang lebih murah itu tergantung pada kebijakan masing-masing.

Tiket murah pada situs agen penjualan tiket biasanya disebabkan karena keuntungan perusahaan sudah melebihi target, sehingga kalau ada orang yang membeli tiket dengan harga di bawah standar maka sebagian harga sebenarnya dibayar oleh perusahaan. Tiket murah tersebut hanya sebagai tiket promo dan berlaku sementara saja.

8. Bergabung dengan sosial media agen online penjualan tiket

Saat ini media sosial memiliki peranan penting dalam menguinformasikan sesuatu. Hampir setiap orang memiliki akun di media sosial. Media sosial yang dimiliki oleh agen online penjualan tiket mempunyai peranan untuk memberikan informasi kepada calon pembeli tiket tentang harga tiket dan informasi lain tentang penjualan tiket

Untuk mendapatkan informasi tentang harga tiket murah, anda perlu bergabung dengan media sosial miliki agen online penjualan tiket

9. Terus mengaupdate informasi

Salah satu cara mendapatkan tiket murah adalah dengan terus melakukan update informasi yang dapat dilakukan melalui situs agen online penjualan tiket atau aplikasi handphone (smartphone) yang dimilikinya, mengupdate informasi melalui situs maskapai penerbangan, melalui media sosial.

Pelajarilah semua informasi yang anda dapat kemudian tulislah informasi-informasi tersebut, sehingga anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk membeli tiket murah.

Posting Komentar untuk "9 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah"