Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara seru menikmati sunset di pantai

Cara seru menikmati sunset di pantai
Semua orang tak asing lagi mendengar kata sunset, kata yang berasal dari bahasa inggris ini menjelma menjadi sebuah istilah yang cukup populer di Indonesia, terlebih mereka yang suka jalan-jalan. Sunset atau dalam bahasa Indonesia matahari terbenam merupakan gejolak alam yang terjadi setiap hari pada saat pergantian siang dan malam.

Sunset dapat dilihat di mana saja, namun jika dipantai akan lebih indah. “Kalau di pantai pasti santai” Kalau di pantai cara kita memandang sunset akan menjadi santai. Ada beberapa cara untuk melihat sunset yaitu sebagai berikut.

1. Mencari waktu terbenamnya matahari

Ada banyak cara untuk mengetahui saat matahari terbenam, salah satunya dengan bertanya kepada google. Fitur yang diaktifkan saat bertanya kepada google adalah fitur “lokasi” dimana kita berada. Biasanya saya menggunakan kata “matahari terbenam hari ini”, kemudian muncul waktu terbenamnya matahari di search engine google. Bagi anda yang sudah biasa membaca atau mengetahui keadaan alam sudah tidak susah lagi untuk menentukan waktu terbenamnya matahari.

2. Cari daerah pantai di sebelah barat

Tidak mungkin matahari terbenam di sebelah timur dalam keadaan normal, sehingga ketika ingin menikmati keindahan sunset, maka carilah pantai di sebelah barat. Walaupun demikian pantai di sebelah timur biasanya mendapatkan pembiasan sinar matahari dari sebelah barat, sehingga terkadang terlihat indah. Namun untuk melihat secara utuh hingga matahari tenggelam maka di sebelah baratlah tempatnya.

Terkadang di depan pantai terdapat pulau kecil yang menghalangi penglihatan kita untuk melihat secara utuh matahari terbenam. Kondisi seperti ini tergantung siapa yang melihat, dan siapa yang merasakan. Tetapi untuk saya secara pribadi lebih suka melihat sunset di pantai tanpa dihalangi oleh pulau, sehingga biasanya saya mencari pantai yang di depannya tidak terdapat pulau kecil.

3. Satu jam sebelum matahari terbenam

Berada di lokasi pantai untuk melihat terbenamnya matahari lebih baik satu jam sebelum matahari terbenam. Kalau datang setengah jam atau lima belas menit sebelum matahari terbenam, maka itu sebenarnya sudah terlambat.

Datang lebih awal di lokasi pantai akan membuat kita lebih cepat mempersiapkan berbagai macam hal untuk menikmati saat matahari terbenam.

4. Posisi terbaik di tepi pantai

Ada orang sudah enjoy jika sudah melihat matahari terbenam, tetapi ada sebagian yang memilih lokasi terbaik. Di atas pondokan, di bawah pohon atau di di tepi pantai, semua tergantung penikmatnya saja.

5. Cuaca mendung atau cerah

Lebih baik ke pantai untuk menikmati sunset di saat cuaca sedang cerah. Kalau cuaca mendung biasanya awan menutupi matahari saat terbenam, keindahan sunset tidak terlihat maksimal di saat seperti itu.

6. Duduk di atas pasir dan di bawah pohon

Memilih posisi duduk atau berdiri bisa di atas pasir, di atas bebatuan, di bawah pohon, di atas batang pohon atau di mana saja tergantung keinginan kita. Kalau saya lebih suka menikmati sunset duduk di atas pasir atau berada di bawah pohon. Entah kenapa, saya lebih nyaman berada di dua tempat tersebut.

7. Kalau ada pasangan terasa lebih seru

Menikmati sunset paling seru kalau bareng teman, sahabat, pacar atau keluarga. Bersama dengan pasangan perjalanan banyak hal dapat diceritakan dan kita juga dapat berbagi. Dikala keindahan sunset datang menyapa ada orang dekat yang menemani membuat hati terasa

Kalaupun demikian menikmati sunset tanpa teman, pacar, atau orang lain tidak menjadi masalah, yang penting bisa membuat diri menjadi nyaman dan enjoy. Sendiri bukan berarti menyendiri, tetapi terkadang dalam kesendirian kita dapat merenung apa yang telah berlalu sambil menikmati keindahan sunset.

8. Di selingi dengan bakar-bakar ikan

Bakar-bakar ikan akan menambah seru suasana, ada nilai kebersamaan yang dapat dibangun lewat acara bakar-bakar ikan ini. Walaupun bukan termasuk dalam salah satu yang wajib, namun jika ada maka akan lebih bagus lagi.

9. Mengabadikan dengan kamera

Saat ini  kebanyakan travelers sudah memiliki hp dengan kamera yang sudah bisa untuk mengabadikan berbagai moment. Selain itu banyak juga travelers yang memiliki kamera DSLR atau SLR. Membekukkan waktu dengan membidik momen saat matahari terbenam akan menjadi cerita tersendiri yang dapat kita bagikan kepada orang lain untuk ikut menikmatinya.

Kenangan waktu matahari terbenam jarang ditemukan apalagi pada saat memotret kita bisa menghasilkan foto yang bagus. Saat memotret lebih baik menggunakan tripot, agar foto yang dihasilkan tidak buram akibat goyangan tangan.

10. Jangan melewatkan satu momenpun

Banyak momen yang bisa dirasakan saat matahari terbenam. Pada poin ketiga saya menjelaskan waktu ketika datang untuk menikmati sunset, saya memilih waktu satu jam sebelum matahari terbenam karena banyak momen dapat dilihat saat itu. Setiap pergantian warna langit, setiap pergantian bentuk awan, perpaduan antara awan dan cahaya matahari, dan langit yang cerah menuju gelap dapat melahirkan gradasi warna yang berbeda-beda, sayang sekali jika momen seindah itu dilewatkan begitu saja.

Posting Komentar untuk "Cara seru menikmati sunset di pantai"