Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

2 Cara Mengetik Huruf Arab di Komputer dan Leptop atau Notebook

2 Cara Mengetik Huruf Arab di Komputer dan Leptop atau Notebook
Kebutuhan mengetik bahasa Arab di komputer, leptop dan notebook telah menjadi kebutuhan manusia, khususnya yang berada dalam bidang yang berkaitan dengan bahasa arab, seperti guru / ustadz, penerjemah bahasa arab, santri, mahasiswa dan lain sebagainya.

Kebutuhan mengetik bahasa Arab ini karena bahasa Arab selain sebagai bahasa dalam menerjemahkan agama, bahasa Arab juga saaat ini merupakan salah satu bahasa dunia yang mayoritas digunakan di negara-negara yang penduduknya beragama Islam.

Ada dua langkah mudah dalam mengetik bahasa Arab di PC, yaitu terlebih dahulu melakukan setting Language (bahasa) di contol panel, setelah itu ubah bentuk huruf yang ada di keyboard menjadi huruf arab. Dua langkah ini dilakukan dengan tahap-tahap yang dapat dibaca di pada tutorial ini atau bisa langsung dengan melihat video yang saya sematkan di bagian bawah postingan

Bagi pengguna PC yang belum hafal huruf Arab yang ada di keyboard, bisa juga menggunakan keyboard bawaan windows atau virtual keyboar untuk mengetik huruf arab di MS Word, Blog, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan pengetikan bahasa Arab.

Cara Mengetik Huruf Arab di PC


Cara mengetik huruf arab di perangkat komputer sangatlah mudah, caranya adalah dengan men-setting di control panel dan tinggal mengubah bentuk bahasa di keyboard saat mengetik, lebih lengkapnya sebagai berikut.

Langkah Pertama

Cara Merubah Bentuk Huruf di Keyboard komputer, laptop, notebook adalah sebagai berikut:

2 Cara Mengetik Huruf Arab di Komputer dan Leptop atau Notebook

1. Masuk ke Control Panel, lalu klik menu “Clock, Language, and Region”

2. Klik menu “Language”, setelah masuk klik menu “Add a language”

3. Pilih bahasa Arab (Arabic), setelah itu klik varian bahasa Arab sesuai dengan negara yang anda inginkan, lalu klik tombol “Add” yang ada di bagian bawah sebelah kanan, atau klik dua kali pada varian Bahasa Arab yang telah dipilih

Langkah Kedua

Buka MS Word lalu klik pilihan bahasa yang ada di bagian bawah sebelah kanan kemudian pilih bentuk Arabic lalu lakukan tes mengetik, selain itu bisa juga dengan menekan tombol Alt+Sift untuk merubah bentuk huruf pada keyboard PC

Demikianlah postingan kali ini tentang 2 Cara Mengetik Huruf Arab di Komputer dan Leptop atau Notebook, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengetik Huruf Arab di Komputer dan Leptop atau Notebook"