Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

Menguak Bahaya Sosis untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Hidup yang sehat berawal dari apa yang kita makan. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebab apa-apa yang masuk dalam tubuh tentu mempengaruhi bagaimana kesehatan kita satu hari ke depan, dua hari bahkan bertahun-tahun selanjutnya. Ini juga menjadi alasan mengapa makanan yang dikonsumsi atau yang masuk ke tubuh haruslah bergizi dan memiliki efek baik bagi kesehatan dalam jangka panjang. Salah satunya sosis, makanan yang sekarang banyak digemari karena tidak perlu repot untuk menggorengnya atau mengolahnya lagi. Sosis lebih sering dijadikan makanan camilan. Padahal, bahaya sosis untuk kesehatan telah mengintai kita.

Menguak Bahaya Sosis untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Ada sosis siap saji, ada juga sosis yang harus dibakar terlebih dahulu dengan tambahana bumbu. Bahaya sosis untuk kesehatan perlu diketahui untuk menjaga tubuh dari efek negatif dan tidak baik. Dengan begitu, memilah makanan untuk dikonsumsi bisa semakin mudah. Dibalik rasanya yang digemari masyarakat luas, ulasan berikut akan menguak bahaya sosis untuk kesehatan.

Berikut ini bahaya sosis untuk kesehatan yang harus anda ketahui sebelum mengkonsumsinya.

1. Merusak Pencernaan


Bahaya sosis untuk kesehatan yang pertama adalah merusak pencernaan dalam tubuh. Memang sosis adalah daging olahan yang terasa lezat. Tetapi, bagi siapapun yang mengonsumsi sosis tidak akan terlepas dari bahaya yang mengintai seperti merusak pencernaan. Untuk meningkatkan daya tahan sosis, pabrik akan menambahkan bahan yang mungkin sekarang terlihat tidak berbahaya tetapi dalam jangka panjang bisa merusak pencernaan secara permanen.

2. Penambah Rasa Sosis


Salah satu mengapa sosis banyak disukai karena rasanya yang enak dan membuat konsumen jadi ketagihan. Ada penambah rasa di dalam sosis. Hal ini karena adanya kandungan komposisis kimia untuk meningkatkan rasa daging olahan. Tentu tergolong berbahaya untuk kesehatan. Itu mengapa penambah rasa yang ada termasuk dalam bahaya sosis untuk kesehatan.

3. Tingginya Natrium


Bahaya sosis untuk kesehatan berikutnya adalah karena tingginya natrium. Hal ini dilakukan ketika ada pada saat pengolahan sosis. Tentu tujuannya untuk mempertahankan rasa. Tetapi, mengonsumsi natrium yang berlebihan dalam jangka panjang bisa membuat kesehatan menurun. Terlebih terkena hipertensi dan kondisi jantung yang tidak baik.

4. Adanya Kandungan Sintetis


Bahaya sosis untuk kesehatan juga dikarenakan adanya kandungan sintetis pada sosis. Memang banyak penelitian menyebutkan adanya bahan sintetis pada daging olahan seperti sosis belum ada bukti kuat untuk menunjukkannya. Tetapi sosis biasanya terbuat dari usus daging babi, daging sapi dan juga ayam. Tetaplah ada kemungkinan bahwa ini juga mengandung bahan sintetis agar bisa meningkatkan jumlahnya. Bahan ini tergolong berbahaya untuk kesehatan.

5. Adanya Nitrosamin


Konsumen harus tahu bahwa nitrosamin adalah salah satu penyebab adanya karsinogenik atau menyebabkan kanker. Sementara daging olahan yang diolah melalui proses pajang biasanya akan membentuk unsur nitrosamin ini. Seperti misalnya menggooreng sosis sebelum dikonsumsi dan dipanaskan di microwave dengan jangka waktu yang panjang. Nitorsamin adalah alasan utama terjadinya kanker usus. Maka dari itu perlu dengan bijak memilih makanan dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi sosis meskipun rasanya lezat dan siap saji.

Konsumen sekarang memang disuguhkan makanan yang cepat saji dan siap untuk dimakan tanpa proses memasak yang ribet. Hal ini menjadi iming-iming karena tidak perlu lagi melakukan olahan untuk makanan tersebut. Padahal, dengan menggoreng atau membuat masakan sendiri tentu akan membuat diri lebih tahu apa bahan yang digunakan daripada memakan makanan yang belum tentu sehat. Bahaya sosis untuk kesehatan akan membuat kita lebih bijak dalam memilih makanan.

Posting Komentar untuk "Menguak Bahaya Sosis untuk Kesehatan Tubuh Manusia"