Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

Cara Membuat Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Mengajar Guru

seseorang sedang mengetik

Surat keterangan melaksanakan tugas mengajar guru merupakan salah satu surat keterangan yang menyebutkan bahwa guru itu benar-benar melaksanakan tugas di satuan pendidikan atau sekolah. Surat keterangan ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan administrasi guru, seperti syarat kenaikan pangkat, mengikuti suatu kegiatan pelatihan dan sebagainya.

Untuk membuat surat keterangan melaksanakan tugas mengajar ini sangatlah mudah, dan tidak memerlukan waktu yang lama, dan setiap guru bisa membuatnya dengan hanya sedikit menguasai penggunaan aplikasi atau perangkat lunak microsoft office word yang sudah pasti ada di setiap komputer.

Sistematika dalam membuat surat keterangan melaksanakan tugas mengajar guru adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat

Kop surat dalam surat keterangan melaksanakan tugas ini adalah kop surat satuan pendidikan atau sekolah dimana guru itu berasal, agar penerima surat mengetahui darimana surat berasal. Kop surat atau pada umumnya disebut sebagai kepala surat ini adalah salah satu bagian surat resmi yang letaknya berada di bagian paling atas surat.

2. Judul Surat

Setelah menulis kop surat pada bagian atas surat kemudian dilanjutkan dengan judul surat. Judul surat ini dimaksudkan untuk menjelaskan maksud atau perihal dari surat surat keterangan melaksanakan tugas. Menulis judul surat menggunakan huruf besar dan dibuat tebal.

3. Nomor Surat

Nomor surat merupakan suatu kode yang terdiri dari kode nomor instansi, nomor urut surat, tanggal, bulan, dan tahun pembuatan surat. Dalam penulisan nomor surat ini, setiap instansi memiliki format yang berbeda-beda. Sehingga dalam penulisan surat keterangan melaksanakan tugas mengajar guru dapat disesuaikan dengan yang ada di sekolah masing-masing.

4. Identitas Pemberi Keterangan

Pemberi keterangan dalam penulisan surat keterangan melaksanakan tugas mengajar adalah atas yang berwenang atau pimpinan satuan pendidikan, dalam hal ini adalah kepala sekolah atau yang lainnya.

5. Identitas Yang Diterangkan

Orang yang diterangkan dalam surat ini adalah guru yang identitasnya biasanya terdiri atas; nama, NIP/NUPTK, pangkat/golongan, jabatan, unit kerja. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih jelas guru yang diterangkan.

6. Keterangan Melaksanakan Tugas

Keterangan melaksanakan tugas mengajar merupakan penjelasan tentang guru melaksanakan tugas di sekolah, waktu melaksanakan tugas, dan sebagainya.

7. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanngal pembuatan surat ini merupakan komponen penting yang ada di surat, baik itu surat pribadi maupun surat resmi yang letaknya berada di pojok sebelah kanan. Tempat pembuatan surat dipisahkan dengan tanggal surat menggunakan tanda koma. Pada tanggal surat terdiri atas tanggal, bulan dan tahun yang tidak dipisahkan dengan koma.

8. Nama Terang Pembuat Surat

Nama terang pembuat surat adalah nama pimpinan pimpinan satuan pendidikan atau yang orang berwenang dalam memberikan keterangan melaksanakan tugas mengajar guru. Nama terang ini letaknya berada di paling bawah pojok kiri surat.

9. Tanda Tangan dan Stempel / Cap

Setelah surat selesai diketik dan diprint maka, pimpinan atau orang yang berwenang menandatangani dokumen surat keterangan melaksanakan tugas mengajar ini, kemudian dibubuhi dengan stempel atau cap instansi atau sekolah. Tanda tangan adalah tulisan tangan seseorang dengan gaya tertentu yang merupakan tanda identifikasi yang fungsinya untuk melegitimasi sebuah dokumen, sehingga dalam surat ini perlu adanya tanda tangan dan stempel agar surat menjadi resmi dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan melaksanakan tugas guru.

Cara Membuat Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Mengajar Guru
Cara Membuat Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Mengajar Guru

Inilah dua contoh surat keterangan melaksanakan tugas yang dapat bapak ibu guru gunakan sebagai contoh ketika menyusun surat keterangan nantinya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Mengajar Guru"