Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Surat kuasa merupakan salah satu surat yang dibuat untuk menyerahkan wewenang pihak pertama kepada pihak lainnya untuk melakukan suatu kegiatan yang tertera dalam surat kuasa tersebut. Surat kuasa ini biasanya berkaitan dengan sesuatu yang penting yang tidak bisa dilakukan oleh pihak pemberi kuasa dengan alasan tertentu.

Dalam dunia pendidikan, seseorang tidak bisa dengan mudah mengambil ijazah orang lain tanpa adanya pemberian kuasa atas diri. Hal ini karena ijazah merupakan dokumen penting yang jika jatuh pada orang yang salah maka, bisa saja disalahgunakan. Sehingga pihak sekolah atau kampus biasanya membuat aturan tersebut untuk menghindari hal-hal tersebut.

Jika seseorang yang sudah selesai menempuh suatu jenjang pendidikan, lalu tidak dapat mengambil ijazahnya maka, bisa diwakilkan kepada orang lain dengan ketentuan menyerahkan surat kuasa tersebut. Sehingga jika ada pelanggaran hukum, maka pihak pengelola pendidikan dapat menjadikan surat kuasa tersebut sebagai dasar atau bukti dalam proses hukum.

Membuat surat kuasa untuk pengambilan ijazah dari pemberi kuasa kepada pihak penerima kuasa ini sangatlah mudah. Pertama yang perlu ditulis adalah pada bagian pertama atau judul, contohnya "SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH". Kedua adalah identitas pemberi kuasa, ketiga identitas penerima kuasa, keempat pelimpahan kuasa, keenam tempat dan tanggal pembuatan, dan yang terakhir adalah tanda tangan dan nama terang pemberi kuasa dan penerima kuasa.

Contoh surat kuasa pengambilan ijazah sebagai berikut:

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Yang bertanda tangan di bawah ini, sebagai pihak pertama,

Nama : Janet

Tempal/Tanggal Lahir : Ambon, 08 September 1988

NIM : 1602372910291

Alamat : Desa Fiditan – Kota Tual

Memberikan kuasa kepada pihak kedua,

Nama : Deden

Tempal/Tanggal Lahir : Malang, 12 November 2001

NIM : 2223623829382

Alamat : Kompleks Ayudes, - Ambon 

Untuk mengambil ijazah dan Transkip Nilai di kampus Universitas Komputer Ambon.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaiman mestinya.

Tual, 6 Agustus 2020

Penerima Kuasa   Pemberi Kuasa

ttd                          ttd

Deden                    Janet


contoh surat kuasa


Dalam membuat surat kuasa, melibatkan dua pihak atau lebih, sehingga perlu diperhatikan keakuratan surat tersebut, sehingga dapat digunakan untuk kepentingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Ijazah"