Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

Pengertian Bisnis: Jenis-jenis, Elemen dan Fungsi Bisnis

Pengertian Bisnis: Jenis-jenis, Elemen dan Fungsi Bisnis

BISNIS merupakan suatu usaha manusia yang dilakukan sudah sejak lama, untuk meningkatkan taraf ekonomi. Selain itu manusia merupakan makhluk sosial saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dari saling membutuhkan inilah kemudian muncul bisnis, dimana antara pebisnis dan konsumen sama-sama mendapatkan apa yang diinginkan. Pebisnis mendapatkan keuntungan sedang konsumen dapat memenuhi kebutuhannya.

Terkait dengan bisnis, maka di bawah ini akan dipaparkan pengeritian bisnis menurut para ahli, jenis-jenis bisnis secara umum, elemen yang ada dalam bisnis, dan bagaimana fungsi bisnis dalam kehidupan manusia. 

Pengertian Bisnis

M. Fuad, dkk, (2000: 1) berpandangan bahwa dalam konteks pembicaraan umum, bisnis (business) tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas dalam bisnis pada umumnya memiliki tujuan menghasilkan laba untuk kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksanaan kegiatan si pelaku bisnis atau bisnisman (businessman) itu sendiri.

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Atau bisnis dalam arti luas adalah semua aktivitas oleh komunitas pemasok barang dan jasa.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalansesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara sederhana, bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih yang terorganisasi dalam mencari laba melalui penyediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. (Dr. Francis Tantri, 2009: 4)

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Para ahli banyak yang memeliki perbedaan pendapat terhadap pengertian bisnis, namun begitu mereka akan ketemu pada kegiatan ekonomi. Dimana bisnis itu untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. Untuk itu maka, di bawah ini akan di paparkan pendapat beberapa ahli terkait dengan bisni.

1. Ibrahim Jones dan Sewu Lindawaty

Bisnis merupakan salah satu aktivitas usaha yang utama dalam menunjang perkembangan ekonomi. Kata “bisnis” diambil dari bahasa Inggris “bussines”.

2. Amirullah

Pengertian bisnis secara umum dalam ekonomi yaitu bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara histori kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas maupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan suatu aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari 

3. Bukhori Alma 

Bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah, yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa kepada konsumen.

4. Louis E. Boone

Bisnis (bussines) terdiri dari seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian, beberapa bisnis memproduksi barang berwujud sedangkan yang lain memberikan jasa. Sedangkan perilaku merupakan tindakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bisnis merupakan tindakan individu dan sekelompok orang yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. 

5. Menurut Peterson, 

Bisnis adalah merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa secara konsisten

6. Prof. L. R. Dicksee

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Menurut pendapat Cristopher Pass, dkk., bentuk ekonomi dari suatu bisnis terdiri dari :

1. Bisnis horizontal (horizontal business), suatu bisnis yang mengfokuskan diri pada aktivitas tunggal, misalnya produksi roti;

2. Bisnis vertikal (vertical business), suatu bisnis yang menggabungkan dua atau lebih aktivitas yang berhubungan secara vertikal, misalnya pembuatan gandum dan roti;

3. Bisnis konglomerat atau bisnis terdiversifikasi (conglomerate atau diversified business), suatu bisnis yang menggabungkan sejumlah  aktivitas produksi yang tidak berhubungan, misalnya produksi pembuatan roti dan jasa keuangan.

Jenis - jenis Bisnis

Menurut Indriyo Gito Sudarmo (1993: 3), ada beberapa macam jenis bisnis, untuk memudahkan mengetahui pengelompokannya maka dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Ekstraktif, yaitu bisnis yang melakukan kegiatan dalam bidang pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi.

2. Agraria, yaitu menjalankan bisnisnya dalam bidang pertanian.

3) Industri, yaitu bisnis yang bergerak dalam bidang industri.

4) Jasa, yaitu bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berwujud.

Elemen-elemen Bisnis

Elemen bisnis yang utama dan merupakan sumber daya yang kompetitif bagi sebuah bisnis terdiri dari empat elemen utama yaitu:

1. Modal, yaitu sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan bisnis.

2. Bahan material, yaitu bahan-bahan yang terdiri dari sumber daya alam, termasuk tanah, kayu, mineral, dan minyak. Sumber daya alam tersebut disebut juga sebagai faktor produksi yang dibutuhkan dalam melaksanakan aktivitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

3. Sumber daya manusia, yaitu sumber daya yang berkualitas yang diperlukan untuk kemajuan sebuah bisnis.

4. Keterampilan manajemen. Suatu bisnis yang sukses adalah suatu bisnis yang dijalankan dengan manajemen yang efektif. Sistem manajemen yang efektif adalah sistem yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

Fungsi Utama Bisnis

Berdasarkan Madura (2007: 12) Jenis – jenis utama dari keputusan yang terlibat dalam menjalankan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai keputusan:

1.  Manajemen (management)

Cara bagaimana karyawan dan sumber daya lainnya (seperti mesin) digunakan oleh perusahaan.

2. Pemasaran (marketing)

Cara bagaimana produk (atau jasa) dikembangkan, ditetapkan harganya, didistribusikan dan dipromosikan ke pelanggan.

3. Keuangan (finance)

Cara bagaimana perusahaan memperoleh dan menggunakan dana operasi bisnisnya. 

4. Akuntansi (accounting)

Ikhtisar dan analisis atas kondisi keuangan perusahaan dan digunakan untuk membuat beragam keputusan bisnis.

5. Sistem informasi (information system)

Meliputi teknologi informasi, orang, dan prosedur yang menyediakan informasi yang sesuai sehingga karyawan perusahaan dapat membuat keputusan bisnis.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas untuk mendapatkan keuntungan bagi orang atau kelompok orang yang mengusahakan, dan dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Selain itu bisnis juga bisa diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Dalam prakteknya jenis-jenis bisnis sangat banyak namun yang paling umum dan paling banyak dikenal adalah bisnis ekstraktif, agraria, industri, dan jasa. Untuk menujang aktivtas bisnis maka dibutuhkan elemen bisnis yaitu modal, bahan material, sumber daya manusia, dan ketrampilan manajemen. Sedangkan fungsi bisnis adalah fungsi manajemen (management), pemasaran (marketing), keuangan (finance), akuntansi (accounting), dan sistem informasi (information system).

Demikianlah postingan ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bisnis: Jenis-jenis, Elemen dan Fungsi Bisnis"