Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Coretanzone

Enderun Mektebi: Sekolah Istana di Masa Kekaisaran Ottoman

Enderun Mektebi: Sekolah Istana di Masa Kekaisaran Ottoman

Selama Kekaisaran Ottoman madrasah (sekolah) adalah lembaga pendidikan yang sangat umum. Madrasah ini merupakan kelanjutan dari madrasah Islam tradisional, yang didirikan untuk mendidik masyarakat tentang tradisi dan ajaran Islam. Namun, yang tidak diketahui banyak orang adalah fakta bahwa ada sebuah lembaga yang disebut Enderun Mektebi, atau Sekolah Istana. Sekolah Enderun Mektebi didirikan oleh Sultan Murad II di Istanbul dan putranya Mehmet II yang memperluas tujuan dan gagasan sekolah khusus iniAwalnya, sekolah ini ditujukan untuk pendidikan pangeran Ottoman dan orang-orang dengan posisi politik penting. Kemduain sekolah ini digunakan untuk mendidik administrator masa depan Kekaisaran. Mereka dilatih untuk menjadi pemimpin militer atau administrator tinggi.

Enderun Mektebi tidak seperti lembaga pendidikan lainnya, karena memiliki prosedur penerimaan yang ketat dan rumit. Bahkan, orang di masa itu tidak dapat mendaftarkan diri ke sekolah ini secara sendiri. Setiap orang yang sekolah di sini harus dipilih oleh salah satu orang yang ditunjuk khusu istana yang telah dilatih di tanah Eropa. Tugas mereka adalah berkeliling wilayah Kekaisaran dan mencari anak-anak muda tertentu yang cocok dengan deskripsi profil yang diinginkan. Hal ini termasuk kemampuan luar biasa dalam mata pelajaran sekolah, karakter dan kepribadian yang hebat serta fisik yang bagus. Orang yang sekolah di sini harus berusia antara 10 sampai 20 tahun dan tidak boleh anak yatim piatu atau satu-satunya anak dalam keluarga karena nilai penting keluarga yang seharusnya dimiliki. Selain itu, ada sesuatu yang disebut devşirme, sebuah prosedur di mana anak laki-laki Kristen pertama kali ditempatkan ke dalam keluarga Muslim Turki untuk belajar bahasa dan adat istiadat Turki dan kemudian dikirim ke Sekolah Istana untuk pendidikan.

Kurikulum terdiri dari berbagai mata pelajaran yang dapat dibagi menjadi lima. Yang pertama adalah ilmu keislaman. Ini termasuk mata pelajaran seperti bahasa Arab, Persia dan Turki, teologi Islam, Quran dan hadits. Selain itu, jurusan ilmu-ilmu positif, mereka mendapat mata pelajaran seperti matematika dan geografi. Mereka juga mendapat pendidikan seni, kaligrafi dan musik. Yang keempat adalah tentang adat-istiadat istana dan masalah pemerintahan. Terakhir, mereka dilatih menunggang kuda, anggar, persenjataan, dan memanah. Dua terakhir ini membuat perbedaan besar dengan madrasah biasa.

Di antara semua siswa yang terbaik dipilih sebagai iç oğlan, atau anak laki-laki dalam istana Sultan. Mereka tinggal di sekolah Istana selama dua atau tujuh tahun, kemudian setelah lulus mereka dikirim ke salah satu ruangan kerja Sultan. Lulus juga dimungkinkan jika mampu memajukan diri sendiri dalam sains atau pemerintahan. Jika gagal melakukannya, mereka akan ditugaskan ke militer. Namun, semua siswa mampu berbicara, menulis dan membaca tiga bahasa, setidaknya memiliki keterampilan, mengetahui perkembangan ilmiah terkini dan memiliki keterampilan tempur yang hebat setelah menyelesaikan studi mereka di Enderun Mektebi.

Enderun Mektebi berakhir ketika ketika terjadi kudeta balasan Ottoman pada tahun 1909.

Posting Komentar untuk "Enderun Mektebi: Sekolah Istana di Masa Kekaisaran Ottoman"